Senin, Agustus 03, 2009

Malam Istirahat dan Siang Mencari Sebagian Karunia Allah SWT

Mencoba mengevaluasi kehidupan diriku selama ini. Mencoba mengerti apakah sebenarnya hal yang terjadi. Mengerti mengapa kebiasan ini sering kali berulang terhadap diriku ini. Yang pingin dikupas kali ini mengenai kehidupan diriku yang sudah mulai terbalik. Mentang-mentang zaman sekarang sudah zamannya 24 Jam Sehari 7 Hari seminggu dan 30 hari sebulan. Semua serba 24 jam sehingga bisa dibilang kehidupan diriku sudah banyak yang terbalik. Bekerja kadang malam-malam dan beristirahat pada siang hari. Ngerasa diriku ada yang aneh sehingga mencoba merubah kebiasaan buruk untuk bekerja pada malam hari dan beristirahat pada siang hari. Memang sih clientQ banyak orang yang suka keluyuran malam dan kelaparan di malam hari sehingga diriku haruslah bekerja (maklum pedagang nasi di malam hari lebih laris karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka makan malam sehingga tubuhe tambah ndut). Ternyata banyak hal yang harus diubah dari sekian banyak kebiasaan buruk diriku.

Subhanallah ternyata jawabannya memang sudah ada pada Alquran. Mengapa akhir-akhin ini diriku merasa ada yang salah dengan pola hidup yang telah diriku lakukan. Ternyata diriku sudah banyak melanggar hukum-hukum Allah. Sunatullah-Nya banyak yang dilanggar. Malam hari untuk mencari rezeki dan siang untuk beristirahat. Wah bertentangan sekali dengan polah hidup yang disarankan dan diatur oleh Alquran.
Mudah-mudahan bisa merubah pola kehidupan yang salah ini. Mulai hari ini harus sesuai, malam untuk istirahat dan siang untuk mencari karunia Allah SWT. Mudah-mudahan bermanfaat juga untuk pembaca sekalian yang mempunyai masalah yang sama dengan diriku. Bisa dijadikan bahan Introspeksi diri kita masing-masing.
Al Quran 28. Al Qashash 71 - 73
71. Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?"
72. Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?"
73. Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

QS 6. Al An'aam 60
60. Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan[481], kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.

QS : 40. Al Mu'min
61. Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

QS : 30. Ar Ruum
23. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.


QS : 27. An Naml
86. Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

QS : 10. Yunus
67. Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar[699].


Kalau baca pas malam segera tidur. tidur-tidur istirahat... jangan lupa memohon kepadanya pada sepertiga akhir malam..
Tapi kalo baca artikel ini pas siang maka segera bekerja lagi. Kerja-kerja ayo kita kerja. Untuk masa depan kita. Jangan lupa di mulai dengan basmallah dan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar